Pages

Wednesday, November 2, 2011

Afrika Selatan: "Indonesia Negara Penting Sektor Pertanian"


Pretoria - Indonesia memiliki peran yang sangat penting di bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan karena memiliki keunggulan geografis serta dukungan sumber daya alam yang beraneka ragam. Hal ini disampaikan oleh Mr. Langa Zita, Direktur Jenderal Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Afrika Selatan, pada Senin 31 Oktober 2011 di Agriculture Place Building, Pretoria, saat menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Hari Priyono yang didampingi oleh Kepala Badan Karantina Pertanian, Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, serta Kepala Pusat Kerjasama Luar Negeri.


Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, pemerintah Afrika Selatan melalui Department of Agriculture Forestry and Fisheries (DAFF) menyambut baik inisiatif Indonesia untuk menindaklanjuti kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani pada tahun 2005, ke dalam bentuk Action Plan yang lebih konkret dan rinci. Menurut Zita, kerjasama dengan pihak Indonesia akan membuka akses pasar sektor pertanian terbesar Asia Tenggara, demikian pula sebaliknya, Afrika Selatan merupakan market potensial terbesar dan dinamis di wilayah Afrika.
Dalam rancangan action plan yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian RI, Indonesia mengusulkan beberapa kerjasama pertanian dengan Afrika Selatan, antara lain dalam Produksi pertanian dan peternakan, Pengembangan bersama riset dan teknologi, Perdagangan dan investasi komoditas pertanian, Pengembangan SDM pertanian, serta Penanganan masalah keamanan pangan. Sementara itu, meski belum memeberikan tanggapan tertulis sebelumnya, secara khusus pihak Afrika Selatan menaruh perhatian pada pengembangan Small Holder, Agroindustri dan perdagangan komoditas pertanian.
Kedua pihak akhirnya sepakat untuk memfinalisasi draft action plan dalam waktu beberapa bulan kemudian, sehingga dapat ditandatangani pada awal tahun 2012. Diharapkan dengan adanya kesepakatan action plan tersebut, Indonesia dan Afrika Selatan dapat bersinesgi secara progresif dalam upaya peningkatan kualitas maupun kuantitas produksi pertanian masing-masing, serta dapat saling membantu dalam menghadapi persaingan global ketahanan dan keamanan pangan di masa mendatang.

(Mohamad Zaeni Tasripin - Bilateral Pusat KLN)
(Isna Helmi - uploader Pusat KLN)

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 All About Horticulture and Powered by Blogger.