Pages

Saturday, November 5, 2011

DENGAN SUBSTRAT LIMBAH CAIR TAPIOKA


PRODUKSI  NATA DE CASSAVA Nata de Cassava adalah  jenis makanan pencuci mulut berbentuk gel,  berwarna  putih agak transparan,   memiliki tekstur kenyal terbuat dari substrat atau  cair yang berasal dari hasil samping pengolahan ubi kayu atau  cassava.
Proses Pembuatan Pada  proses pembuatan nata de cassavadiperlukan  alat dan bahan. Peralatan yang diperlukan  antara lain: Ember  kapasitas 20 l, saringan, pengaduk, timbangan, gelas ukur, pisau, panci, kompor, plastik kemasan, sealer, nampan plastik ukuran 25 x 40 cm sebanyak 10 buah, kertas koran. Sedangkan bahan yang digunakan antara lain: air hasil samping pembuatan tapioka 20 l, gula 250 g, cuka dapur 25%, 200 mL, urea/ZA 40 g.

Persiapan Substrat, Susbtrat adalah  makanan sumber nutrisi  bagi mikroba A. Xylinum untuk  memproduksi nata de cassava. Cara pembuatan substrat nata de cassava adalah sebagai berikut:
1.         air hasil samping produksi tapioka umur satu hari hingga dua  hari sebanyak 20 liter diambil dengan ember,
2.         air tapioka disaring dengan menggunakan saringan untuk memisahkan kotoran  lain,
3.         air hasil samping produksi tapioka dimasukkan ke dalam panci stainless  steel, kemudian direbus,
4.         ditambahkan  asam cuka dapur (25%) sebanyak 1,0% atau sebanyak 200 ml  diaduk hingga merata,
5.         ditambahkan gula sukrosa atau gula pasir sebanyak 2,5% sambil diaduk agar terlarut sempurna,
6.         ditambahkan urea atau ZA sebanyak 0,2% atau sebanyak 40 g diaduk hingga merata,
7.         didihkan  selama 15 menit.  Setelah mendidih selama 15 menit diangkat, panci yang berisi substrat tetap pada keadaan tertutup agar tidak terkena debu atau terkontaminasi.  Biarkan media yang telah steril  menjadi dingin hingga suhu di bawah 40oC (suam-suam kuku).
Substrat siap digunakan untuk perbanyakan bibit A. xylinum cair maupun digunakan untuk produksi nata de cassava. Suhu substrat tidak boleh melebihi 40oC  agar A. xylinum dapat tumbuh dan menghasilkan selulosa atau nata de cassava dengan baik dan optimal. Pembentukan  selulosa yang optimal ditandai dengan terbentuknya lapisan seperti jeli setelah diperam atau diinkubasi selama minimal 2-3 hari.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 All About Horticulture and Powered by Blogger.