Pages

Sunday, November 6, 2011

Nangka Jumbo Semarang


Pemandangan menarik tampak saat memasuki musim panen nangka di daerah Kalimalang, Desa Jerukwangi, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Di sana berderet kios-kios sepanjang 1 km yang menjajakan nangka. Di antara nangka yang dijajakan, tampak satu yang spesial dengan ukuran besar dan daging buah manis meski agak berair.

Daerah itu memang telah lama menjadi sentra penjualan nangka. Menurut salah satu pemilik kios, nangka-nangka di sana berasal dari pohon di pekarangan rumah penduduk di sekitarnya. Ucapannya terbukti lantaran tidak jauh dari lokasi kios tampak sesosok pohon nangka dengan 4 buah menggantung dibungkus karung. Boleh dibilang, daerah Kalimalang itulah sentra nangka, meski belum ada yang mengebunkan. Buah anggota famili Moraceae dari daerah Kalimalang memang besar-besar. Sebuah bisa berbobot 10 kg. Tak ada nama khusus untuk kerabat sukun itu di sana. Sebutan nangka jumbo merujuk ukurannya yang besar. 

Perkara ukuran jumbo itu, Ir Agus Susiloadi dari Balitbu Solok menuturkan, besarnya buah sangat dipengaruhi faktor lingkungan, misal ketersediaan unsur hara dan air. Namun, sosok besar tidak selalu berarti unggul. Nangka disebut unggul bila rasanya manis, daging renyah-artinya tidak terlalu banyak kadar air, daging tebal, persentase buah yang dapat dimakan lebih dari 30%, dami sedikit, hati-bagian tengah yang tidak dapat dimakan-kecil, dan kulit buah tipis


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 All About Horticulture and Powered by Blogger.