Pages

Friday, October 21, 2011

Tahap Tahap Panen Madu



Begitu kotak kayu berukuran 40 cm x 40 cm x 20 cm itu dibuka, dengung lembut terdengar di telinga. Ribuan lebah tampak bergerombol berebutan keluar sarang. Beberapa terbang berputar-putar mengitari kotak kayu, seperti mempertanyakan mengapa rumah mereka dibongkar. Namun, lebah-lebah itu tak kuasa melawan lantaran asap pembakaran melemahkan mereka. Tak lama berselang, sepasang tangan mengentakkan sisiran sarang penuh madu dan mengangkatnya.
Panen dilakukan bila sisiran sarang berisi madu telah tertutup lilin. Itu terlihat setelah sisiran sarang dientakkan dan lebah jatuh ke dasar kotak. Bila lebah masih tersisa, bersihkan sisiran dengan sikat lebah. Maka terlihatlah ribuan sel sarang penuh madu. Sebagai patokan, panen bisa dilakukan bila lebih dari 1/3 sel sarang tertutup lilin. Saat itu kadar air madu kurang dari 20% sehingga siap dipanen.
Agar madu lancar diambil, lilin penutup sel sarang dikupas dengan pisau bersih. Sisiran tanpa lilin dimasukkan ke dalam ekstraktor. Satu ekstaktor memuat 4 sisir. Madu “diperas” keluar dari sel dengan memutar tungkai pada ekstraktor. Cairan manis yang tumpah ke dasar lantas ditampung dalam drum dengan membuka keran. Setelah itu madu pun siap dikonsumsi.

trubus-online.co.id

Keterangan gambar:


1. Kotak isi madu siap dipanen
3. Memutar lilin dengan ekstraktor agar madu terpisah
4. Menempatkan madu di wadah
2. Mengupas lilin dengan pisau



    0 comments:

    Post a Comment

     
    Copyright (c) 2010 All About Horticulture and Powered by Blogger.