Pages

Tuesday, November 22, 2011

Teknologi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim pada Tanaman Tebu


Click For Zoom
Teknologi Adaptasi dan Mitigasi yang tepat dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pada tanaman tebu.

Menurut sejumlah ahli iklim dunia saat ini sudah banyak pertanda terjadinya efek pemanasan global yang berpengaruh terhadap perubahan iklim di berbagai belahan dunia, termasuk lepasnya bongkahan besar es dari Greenland, banjir besar di Pakistan, Indonesia, Australia  dan gelombang panas di luar kebiasaan di Rusia yang menyebabkan kebakaran besar.

 Meskipun beda pendapat tentang perubahan iklim masih terus terjadi, fenomena cuaca dan iklim dua tahun terakhir di Indonesia berupa kekeringan (ringan) tahun lalu dan curah hujan tinggi tahun ini, cukup menjadi indikasi pentingnya upaya antisipasi dampak perubahan iklim baik melalui teknologi adaptasi maupun teknologi mitigasi khususnya bagi tanaman tebu.

Peran teknologi menjadi semakin penting mengingat ambisi pemerintah mencapai swasembada gula pada tahun 2014 harus terpenuhi. Apalagi anomali cuaca dan iklim di beberapa negara mempengaruhi pasokan bahan pangan dunia, termasuk gula, yang memaksa tiap negara memikirkan lebih dulu kepentingan pangan dalam negerinya.

Produksi dan produktivitas hasil tebu selain dipengaruhi oleh varietas tanaman, mutu bibit, kesehatan  tanaman dan juga lingkungan termasuk iklim. Menyikapi adanya fenomena iklim yang tidak menentu seperti ini  diperlukan teknologi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim pada tebu.

Dalam mengantisipasi perubahan iklim  dapat dilakukan melalui strategi adaptasi dan mitigasi. Adaptasi menurut UU No 31/2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, pengertian ADAPTASI adalah suatu proses untuk memperkuat dan membangun strategi antisipasi dampak perubahan iklim serta melaksanakannya, sehingga mampu mengurangi dampak negatif dan mengambil manfaat positifnya atau upaya menyesuaikan kondisi dan teknologi dengan kejadian perubahan iklim.

Mitigasi menurut UU No 31/2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, pengertian Mitigasi adalah usaha pengendalian untuk mengurangi risiko akibat perubahan iklim melalui kegiatan yang dapat menurunkan emisi/meningkatkan penyerapan gas rumah kaca dari berbagai sumber emisi atau upaya untuk mengendalikan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 All About Horticulture and Powered by Blogger.